Selasa, 10 Desember 2013

pemasaran jasa bank syariah



MENGHITUNG STATISTIK ANTRIAN

M                  =   Jumlah Jalur Pelayanan
 (lambda)   =   Tingkat Kedatangan [jumlah rata-rata pelanggan yang datang per jam]
 (miu)         =   Tingkat Layanan [kapasitas jalur untuk menyediakan jasa, dinyatakan dengan jumlah pelanggan per jalur per jam]
(rho) :      =   Intensitas Aliran [persentase rata-rata penggunaan kapasitas jalur layanan]
U :         =   Penggunaan Kapasitas Seluruh Fasilitas [persentase kapasitas penggabungan jalur]
Lq                  =   Perkiraan Panjang Antrian [jumlah rata-rata orang yang menunggu]
Wq :        =   Perkiraan Waktu Tunggu [sebelum pelanggan baru datang untuk dilayani]

Perlu diperhatikan bahwa, apabila jumlah rata-rata pelanggan yang dilayani [ ] melebihi jumlah rata-rata pelanggan yang datang [ ], maka tidak semua pelanggan dapat terlayani.

Contoh :
Sebuah bank hanya membuka 1 loket teller-nya untuk memberikan pelayanan [M], yang rata-rata loket teller tersebut dapat melayani 25 orang nasabah per jam [ ], hal ini berarti bahwa waktu pelayanan rata-rata adalah  :
x 60       = 0.04 x 60       = 2.4 menit per pelanggan
Misalkan bahwa nasabah datang rata-rata sebanyak 20 orang per jam [ ], hal ini berarti intensitas aliran tersebut adalah [ ] :
=    = 0.8
[lihat tabel distribusi poisson]
·         Perkiraan Panjang Antrian [Lq] : dengan mencari dalam kolom satu jalur pelayanan [M] dengan  = 0.8, kita dapat  melihat bahwa panjang antrian tersebut rata-rata adalah Lq = 3.2 orang.
·         Perkiraan waktu tunggu sebelum dilayani Wq] : [ ]
= x 60      = 0.16 x 60     = 9.6 menit
·         Perkiraan total waktu dalam sistem [Wq + ] :
= 9.6 +            = 9.6 + 2.4     = 12 menit
·         Rata-rata penggunaan kapasitas [U : ] :
= 100%          =  100%      = 0.8 x 100            = 80 %

Andaikan bahwa pelanggan mengadukan waktu tunggu ini, dan manajemen ingin mempercepat pelayanan. Pilihannya adalah membuka loket teller kedua dengan tetap mempertahankan satu antrian pelanggan, sehingga M = 2 maka :
x 60       = 0.08 x 60       = 4.8 menit per pelanggan
Misalkan bahwa nasabah yang datang rata-ratanya tetap sebanyak 20 orang per jam [ ], hal ini berarti intensitas aliran tersebut adalah [ ] :
=    = 0.8
[lihat tabel distribusi poisson]
·         Perkiraan Panjang Antrian [Lq] : dengan mencari dalam kolom dua jalur pelayanan [M] dengan  = 0.8, kita dapat melihat bahwa panjang antrian tersebut rata-rata adalah Lq = 0.15 orang.
·         Perkiraan waktu tunggu sebelum dilayani [Wq] :
= x 60      = 0.0075 x 60     = 0.45 menit
·         Perkiraan total waktu dalam sistem [Wq + ]  :
= 0.45 +            = 0.45 + 2.4     = 2.85 menit
·         Rata-rata penggunaan kapasitas [U : ]:
= 100%          =  100%      = 0.4 x 100            = 40 %


Jika teller yg dibuka  1 dan pelayanan per pelanggan dikurangi menjadi 1.2 menit :
  = 50 pelanggan per jam
Misalkan bahwa nasabah datang rata-rata sebanyak 20 orang per jam [ ], hal ini berarti intensitas aliran tersebut adalah [ ] :
=    = 0.4
[lihat tabel distribusi poisson]
·         Perkiraan Panjang Antrian [Lq] : dengan mencari dalam kolom satu jalur pelayanan [M] dengan  = 0.4, kita dapat  melihat bahwa panjang antrian tersebut rata-rata adalah Lq = 0.27 orang.
·         Perkiraan waktu tunggu sebelum dilayani [Wq] :
= x 60      = 0.0135 x 60     = 0.81


·         Perkiraan total waktu dalam sistem [Wq + ]  :
= 0.81 +            = 0.81 + 1.2     = 2.01 menit
·         Rata-rata penggunaan kapasitas [U : ] :
= 100%          =  100%      = 0.4 x 100            = 40 %






























TABEL DISTRIBUSI POISSON
Menghitung Perkiraan Jumlah Orang yang Menunggu dalam Antrian untuk Berbagai Nilai M dan
Jumlah Saluran Jasa (M)
Intensitas Aliran ( )
1
2
3
4
0.10
0.15
0.20
0.25
0.30
0.35
0.40
0.45
0.50
0.55
0.60
0.65
0.70
0.75
0.80
0.85
0.90
0.95
1.0
0.0111
0.0264
0.0500
0.0833
0.1285
0.1884
0.2666
0.3681
0.5000
0.6722
0.9000
1.2071
1.6333
2.2500
3.2000
4.8166
8.1000
18.0500

0.0008
0.0020
0.0039
0.0069
0.0110
0.0166
0.0239
0.0333
0.0149
0.0593
0.0767
0.0976
0.1227
0.1523
0.1873
0.2285
0.2767
0.3333







0.0019
0.0030
0.0043
0.0061
0.0084
0.0122
0.0147
0.0189
0.0239
0.0300
0.0371
0.0454















0.0031
0.0041
0.0053
0.0067










Tidak ada komentar:

Posting Komentar